Tips Menjaga Kesehatan Badan dengan Aktifitas Sehari-hari

Pastinya kita tidak asing lagi dengan istilah “Kesehatan mahal harganya”. Istilah tersebut tidaklah salah, namun bukan berarti untuk mendapatkan tubuh yang sehat harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Berikut ini merupakan tips menjaga kesehatan tubuh yang berkaitan dengan aktifitas sehari-hari.Aktifitas yang berpengaruh terhadap kesehatan tersebut antara lain:

1. Hindari mandi dengan posisi berdiri

Pada saat menyiramkan air pada saat mandi, sebaiknya badan dalam posisi berjongkok. Hal ini berkaitan dengan sensitifitas pada saraf sekitar lutut yaitu saraf sekitar lutut kurang mampu menerima perubahan suhu yang mendadak seperti saat tersiram air mandi. Jika saraf lutut sering mendapatkan kondisi suhu yang perubahan ekstrim maka kekebalan badan akan lemah sehingga mudah masuk angin yang bisa jadi berlanjut ke sakit rematik.

2. Hindari makan dengan kadar asam tinggi

Salah satu penyebab menurunnya kekebalan tubuh seseorang yaitu keadaan lambung yang tidak sehat. Tidak sehatnya lambung paling dominan disebabkan oleh kandungan asam yang berlebih dari makanan yang kita makan ataupun kondisi lambung kosong. Jenis makanan tersebut antara lain: kopi, minuman berenergi, perasa kimia, cuka, cabe dan banyak lagi. Jika kondisi lambung sedang sakit maka kemampuan untuk menyerap sari makanan akan berkurang dan berdampak pada supply ke seluruh jaringan tubuh.

3. Tidur yang cukup

Tidur merupakan kegiatan untuk mengembalikan kondisi kebugaran saraf-saraf tubuh. Layaknya handphone yang perlu dicharger setiap mau habis baterai, tubuhpun mempunyai batas kekuatan badan yang harus dijaga dan dikembalikan menjadi lebih fit. Secara normal, tubuh perlu istirahat selama 7 jam dalam sehari, namun nilai tersebut tidak mutlak karena ada sebagian orang yang cukup 5 jam atau hingga 9 jam tidur dalam sehari agar kondisi badan didapatkan kebugaran yang maksimal. Intinya ya!! Jangan banyak begadang gitu lhoo!!!

4. Makan teratur

Penyakit yang disebabkan oleh tidak disiplinnya pengaturan makan dan pola makan saat ini hampir terjadi pada semua orang, terutama orang yang terlalu sibuk bekerja sehingga lupa untuk makan. Makan dengan tidak teratur akan mengakibatkan timbulnya keasaman lambung yang berlebihan. Perut yang kosong membuat asam lambung mengikis ke dinding sel lambung hingga bisa berakibat infeksi.

5. Hindari olah raga atau aktifitas yang berlebih

Sesuatu yang berlebihan pastilah ada sisi negatifnya! Begitu pula dengan olahraga/aktifitas fisik. Jika olahraga atau aktifitas fisik melebihi dari kemampuan kerja saraf tubuh maka saraf akan sangat kelelahan sehingga badan mudah terserang penyakit atau metabolisme tubuh terganggu.

Leave a Reply