3 Tips Memilih Tempat Kursus Persiapan IELTS di Jakarta

Posted on

Persiapan IELTS di Jakarta – Tes IELTS merupakan salah satu jenis ujian yang banyak disyaratkan di universitas-universitas luar negeri untuk para calon mahasiswanya. Sehingga bagi Anda yang ingin mewujudkan impian untuk kuliah di luar negeri, maka salah satu persiapannya adalah bisa dengan mengikuti kursus persiapan IELTS di Jakarta.

Di kota ini terdapat berbagai lembaga kursus yang menyediakan tempat dan bimbingan bagi siapa saja yang ingin kursus IELTS dengan mudah dan terjangkau. Mengikuti kursus persiapan IELTS (International English Language Testing System) sangatlah penting untuk dilakukan agar hasil ujian yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Tentu hasilnya akan berbeda ketika Anda belajar persiapan ujian IELTS secara otodidak dibandingkan dengan mendapat bimbingan langsung di tempat kursus. Sebelum memilih tempat kursus IELTS, maka pahami terlebih dahulu apa itu IELTS dan apa saja jenis tes yang diujikan.

Sekilas Tentang IELTS

Tentang IELTS
Tentang IELTS

IELTS menjadi salah satu syarat wajib belajar di luar negeri untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis. Hal ini mengingat banyak para pendaftar yang berasal dari negara lain yang bahasa ibunya bukanlah bahasa Inggris sedangkan bahasa pengantar untuk kuliah sendiri menggunakan bahasa internasional tersebut.

Tes IELTS sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Academic, ditujukan bagi para pendaftar yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris
  • General Training, ditujukan kepada para pendaftar yang ingin mengikuti pelatihan atau melamar pekerjaan

Masing-masing jenis tes tersebut memiliki empat bagian soal yang sama dan hanya berbeda pada bagian pertanyaan reading dan writing. Total waktu yang diperlukan untuk mengerjakan tes IELTS adalah 2 jam 45 menit dengan pembagian waktu masing-masing 60 menit untuk reading dan writing, 30 menit untuk listening, dan 11 – 15 menit untuk speaking.

3 Tips Memilih Kursus Persiapan IELTS di Jakarta

Tempat Kursus IELTS Jakarta
Tempat Kursus IELTS Jakarta

Setiap universitas memiliki standar yang berbeda-beda terhadap minimal skor IELTS yang harus dimiliki para calon mahasiswanya. Sehingga Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk meraih minimal skor standar yang disyaratkan. Agar hasil IELTS yang Anda dapatkan bisa lebih maksimal, berikut ini beberapa tips untuk memilih tempat kursus persiapan IELTS di Jakarta yang tepat:

1. Perhatikan testimoni dan kredibilitas tempat kursus

Untuk mengetahui kualitas dari tempat kursus yang akan Anda pilih, maka Anda bisa melihat dari referensi dan testimoni orang-orang yang pernah mengikuti bimbingan di tempat kursus tersebut. Anda juga harus hati-hati dan jangan mudah tergiur dengan tempat kursus mahal dan waktu pelatihan lama yang memberikan garansi untuk mendapatkan skor yang tinggi.

2. Cari tahu informasi tentang fasilitas dan buku/materi

Sebelum membayar uang untuk kursus, pastikan Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dan menanyakan segala informasi yang Anda butuhkan. Mulai dari waktu pelatihan, harga, dan fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan selama kursus.

Dari segi fasilitas, sumber buku atau materi yang digunakan untuk bimbingan di tempat kursus tersebut juga sangat penting untuk ditanyakan. Semakin bagus tempat kursus tersebut, maka biasanya mereka akan menggunakan buku-buku yang tidak mudah ditemukan di pasaran dan kebanyakan merupakan buku import.

Hal tersebut menjadi bukti keseriusan tempat kursus dalam memberikan kurikulum yang diberikan kepada setiap peserta les dan tidak asal-asalan dalam memberikan materi bimbingan.

3. Pilih guru atau instrukstur native speaker

Guru atau instruktur yang membimbing di tempat kursus persiapan IELTS di Jakarta menjadi salah satu faktor penting yang dapat menunjang keberhasilan peserta kursus. Sehingga cari tahu informasi sebanyak-banyaknya dan perhatikan siapa guru atau instruktur di tempat kursus tersebut.

Sangat disarankan untuk memilih tempat kursus yang memiliki native speaker sehingga para peserta dapat belajar dan mengetahui bagaimana aksen langsung native speaker. Sehingga para peserta dapat latihan secara langsung sebelum nantinya menghadapi pelajaran dan berkomunikasi langsung dengan native speaker ketika kuliah di luar negeri.

Tips-tips tersebut bisa Anda gunakan agar tidak asal-asalan dalam memilih tempat kursus persiapan IELTS di Jakarta. Selain itu, jangan mudah tergiur pada tempat kursus yang memberikan English Placement Test secara gratis. Kredibilitas dan kualitas tempat kursus menjadi faktor penting yang dapat menentukan apakah tempat kursus tersebut direkomendasikan atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.