Cara Mudah untuk Menabung Meskipun dengan Gaji yang Pas-pasan

Menabung. Mungkin pernah diantara kalian ada yang benar-benar niat untuk menabung. Namun ada saja yang bikin nguras tabungan kita, entah itu karena kebutuhan, entah karena kepingin memiliki sesuatu, atau kepikiran untuk punya ini itu, hingga yang darurat yang memang harus dipenuhi saat itu juga.

Setiap orang pasti ingin memiliki banyak tabungan untuk masa depannya. Tak terkecuali dengan saya, saya juga ingin sekali memiliki banyak tabungan. Maka dari itu saya akan berbagi tips menabung untuk anda.

Berikut tips agar bisa menabung meski dengan gaji pas-pasan :

1. Menabunglah di Tanggal Gajian Turun

Menabung dengan Menyisihkan uang gajian

sindonews.com

Kalau anda sudah bekerja, di waktu gajian jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk ditabung. Biasakan menabung di awal bulan, yaitu di saat gajian turun. Jangan menunggu sampai akhir bulan atau menunggu sisa uang gajian di akhir bulan. Karena kalau anda menunggu akhir bulan bisa jadi gaji anda sudah habis duluan.

2. Mengumpulkan Pecahan Nominal Tertentu

Menabung dengan mengumpulkan uang nominal tertentu

4lahuniik.blogspot.co.id

Kita bisa menggunakan uang dengan nominal tertentu, misalnya 5.000 an, 10.000 an, atau bisa 20.000 an untuk di tabung. Jadi tiap kali kita mendapat uang dengan pecahan di atas, kita gunakan untuk di tabung. Lakukan ini satu kali dalam sehari.

Anda bisa mengubah pecahan berapa yang mesti di tabung (sesuai kemampuan anda), tapi anda harus mematok minim jumlah pecahan yang harus di tabung. Lakukan secara konsisten setiap harinya. Dan lihat seiring waktu tabungan anda akan cepat bertambah. Usaha menabung dengan cara ini akan terasa lebih ringan.

3. Catat Kemana dan Untuk Apa Anda Menggunakan Uang Anda

Mencatat pengeluaran untuk ditabung

My-much.blogspot.com

Dengan mencatat kemana saja dan untuk apa saja uang anda gunakan maka anda bisa tahu secara terperinci uang anda gunakan selama periode itu. Anda bisa membuat anggaran uang tabungan dan kebutuhan sehari-hari.

Selain itu anda akan tahu keperluan yang menjadi bagian dari pemborosan anda. Sehingga anda tahu mana yang mesti harus dihemat. Cara ini akan membuat anda menjadi lebih bijak dalam menggunakan uang.

4. Buatlah Anggaran Pengeluaran Harian Anda

mencatat anggaran pengeluaran harian untuk kepentingan menabung

Jerrytrisya.com

Atur berapa kebutuhan harian anda, dan tentukan besarnya nominal pengeluaran. Lalu buatlah daftar untuk apa saja uang anda pergunakan dengan nominal tersebut. Jangan pernah membeli atau mempergunakan uang anda untuk apapun yang membuat pengeluaran menjadi lebih besar dari besarnya nominal pengeluaran harian yang anda buat.

Membuat rencana anggaran pengeluaran harian adalah langkah yang mudah untuk mengontrol seberapa besar kita menghabiskan uang kita. Jangan pernah tidak mematuhi anggaran anggaran yang anda buat sendiri. Alhasil, anda akan terhindar dari perbuatan boros, selain itu tabungan anda akan tetap akan terus bertambah bukan?

5. Uang yang Ditabung Tiap Bulan Harus Konsisten

cara konsisten menabung

google.com

Untuk segera mencapai tujuan yang diharapkan, bersikaplah konsisten dengan jumlah minimal yang anda rencanakan dalam waktu satu bulan. Buat patokan berapa banyak yang anda bisa tabung selama satu bulan.

Menabung untuk setiap bulannya bukan hanya di awal bulannya tapi usahakan setiap harinya hingga akhir bulan dan terus seperti itu. Semua itu akan memacu anda untuk menyesuaikan gaya hidup.

6. Setiap Bepergian Selalu Bawa Sedikit Uang Cash

hemat dengan membawa uang seperlunya

Liveolive.com

Saat pergi keluar rumah untuk kegiatan sehari-hari atau karena keperluan lain, bawalah uang secukupnya saja. Tidak perlu membawa uang berlebih. Dengan menerapkan rencana seperti ini anda tidak akan tergoda untuk menggunakan semua uang yang anda punya.

Karena jika anda membawa semakin banyak uang, anda akan mudah tergoda untuk menggunakan uang tersebut. Belajarlah untuk tidak berlaku konsumtif, dan belajarlah untuk selalu berhemat.

7. Pisahkan Uang Anda Sesuai Fungsinya Masing-masing

memisahkan uang menurut fungsinya

umahsukasuka.co.id

Kelompokkan uang anda sesuai dengan fungsinya masing-masing selama satu bulan, misalnya untuk ditabung dan untuk kebutuhan sehari-hari (uang makan, sedekah, uang jajan, bbm/ uang transport, uang belanja, uang darurat dan lain-lain).

Kemudian jika terdapat sisa uang dari anggaran pengeluaran kebutuhan sehari-hari anda tadi, anda dapat menabungnya.

8. Buatlah Dua Rekening Berbeda

membuat rekening berbeda

umahsukasuka.co.id

Membuat dua rekening berbeda dan gunakan salah satunya untuk menabung, dan yang satunya lagi untuk kebutuhan sehari-hari anda. Jadi simpanan jangka panjang kita pun tidak tercampur dengan uang lainnya.

Untuk rekening yang anda fungsikan untuk menabung jangan anda buat kartu ATM-nya. Cukup untuk rekening yang satunya tadi, yang anda pergunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

9. Bila Perlu Ikutlah Arisan

ikut arisan

kompas.com

Kalau menabung sendiri, tabungan masih sering terpakai? Maka, kalau kita ikut arisan mau tidak mau anda harus menyisihkan uang. Dan kalau bisa mintalah supaya anda digilir dapat uang arisan diakhir periode arisan. Kalau dapatnya diawal berarti sama saja, malah kamu seperti sedang berhutang.

10. Tabung Dalam Bentuk Emas

tabung dalam bentuk emas

andimicro.com

Anda bisa mencoba yang satu ini. Tidak seperti uang, emas merupakan komiditi yang tidak tergerus inflasi. Kapanpun dan dimanapun, harga emas akan terus mengalami kenaikan, karena emas tidak mengikuti inflasi. Sehingga emas jika diuangkan akan selalu mengalami kenaikan.

Berikut video cara menabung yang mudah, benar, dan menyenangkan. Simak videonya, semoga membantu 🙂

Itulah beberapa tips mudah untuk bisa menabung. Mana yang sekiranya cocok untuk anda? Ayo menabung selagi bisa, dan ingat “Hemat itu pangkal kaya”. Kalau kita tidak memulainya dari sekarang mau dari kapan lagi? Ayo menabung untuk masa depanmu, dengan menabung dan berencara untuk masa depan, kamu akan lebih terarah dan terfokus karena punya tujuan yang pasti.

4 Comments

  1. abu azma March 4, 2016
    • fajri March 5, 2016
  2. Rini May 17, 2016
    • fajri July 24, 2016

Leave a Reply