Umbul Ponggok Klaten Tempat Snorkeling yang Mengasyikan

Sekarang saya akan membahas tentang Umbul Ponggok, tempat mengasyikan yang bisa anda coba. Asal mula nama Umbul Ponggok berasal dari dua kata, yaitu “Umbul” yang berarti mata air dan “Ponggok” adalah nama desa di mana umbul itu berada. Umbul Ponggok itu adalah mata air yang berada di sebuah Desa Ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Menurut cerita umbul itu sudah ada sejak ratusan tahun silam, dan keberadaan umbul Ponggok pada masa penjajahan Belanda berfungsi untuk pengairan perkebunan, dan di tahun-tahun terakhir ini dipergunakan juga untuk tempat wisata air.

Di Klaten, Umbul Ponggok menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat menarik untuk dicoba. Dibalik jernihnya air, anda bisa melihat keindahan ikan air tawar. Umbul ponggok menjadi salah satu tempat snorkeling air tawar terbaik di Indonesia. Saat momen-momen snorkeling di Umbul Ponggok diabadikan dalam sebuah jepretan, serasa seperti ber-snorkeling di lautan .

Bagi anak muda yang hobi snorkeling dan diving pasti sudah cukup mengenal umbul ponggok atau yang sering dijuluki sebagai “Bunaken”nya kota Klaten. Umbul Ponggok sendiri sudah sering dijadikan latihan menyelam bagi yang hobi olahraga snorkeling dan diving. Tapi bagi anda yang belum bisa berenang, tenang saja. Karena ada pemandu di sana yang mau mengajari dan membimbing anda untuk bisa berenang.

 

Rute jalan ke Umbul Ponggok Klaten

Rute ke Umbul Ponggok

maps.google.com

Kalau anda ingin ke Umbul Ponggok mudah saja. Bila perjalanan dari Jogjakarta, Anda ambil ke jalan ke arah Solo, bila sudah melewati kota Klaten simak di kanan jalan ada terminal Penggung. Terminal Penggung terdapat pada simpangan Trafficlight menuju desa Ponggok, lalu ambil arah kekiri lurus terus ikuti jalan sampai bertemu markas Koramil di sebelah kiri jalan. Markas Koramil terletak di pertigaan jalan. Dari pertigaan tersebut ambil ke arah kanan, dan kembali mengikuti jalan. Nah kira-kira 2 kilometer, anda akan menemukan Umbul Ponggok yang terdapat di pinggir jalan di desa Ponggok.

 

Tarif masuk dan sewa peralatan renang di Umbul Ponggok.

Tarif Karcis Masuk Umbul Ponggok Klaten

liburmulu.com

Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Untuk tarifnya sangatlah murah untuk bisa menikmati keindahan, kejernihan, dan pengalaman snorkeling dan diving di umbul ini . Cukup dengan membayar pada hari biasa adalah Rp 3.000 per orang, dan untuk weekend adalah Rp 4.000 per orang.

Apabila anda tidak memiliki peralatan snorkelling, tidak perlu khawatir. Di Umbul Ponggok peralatan snorkelling tersedia dengan lengkap. Untuk tarif sewanya, pelampung disewakan dengan harga Rp 5.000, kacamata renang Rp 5.000 , masker/snorkel Rp 10.000, kaki katak Rp 5.000, dan jika anda inginmenggunakan kamera underwater, bisa menyewa per setengah jamnya Rp 60.000 atau Rp 100.000 setiap satu jam. Dengan harga sewa yang terjangkau, anda sudah bisa snorkelling di umbul sedalam sekitar 3 meter dengan luas sekitar 6000 meter² sambil melihat ikan air tawar yang indah.

Berikut tips aman menikmati Umbul Ponggok

Umbul Ponggok memang memiliki pemandangan yang sangat bagus. Kita bisa melihat ikan-ikan secara langsung, seperti ikan emas, mujair, nila. bawal bahkan lele. Tapi jangan sampai lupa dengan keselamatan anda dan teman-teman anda. Dan untuk lebih lengkapnya saya akan bagikan beberapa tips aman untuk menikmati wisata air Umbul Ponggok.

1. Lengkapi perlengkapan renang anda

Umbul Ponggok

umbulponggok.com

Untuk menyelam dan snorkeling paling tidak gunakan masker selam dan snorkel, serta sepatu katak untuk memudahkan dalam berenang. Masker selam berguna agar kamu bisa melihat dengan lebih baik di bawah air. Yang kedua , snorkel. Snorkel adalah tabung berbentuk “J” yang membantu kita bernapas melalui mulut. Dan yang ketiga sepatu katak atau fin. Sepatu katak berguna agar saat berenang pergerakan kita menjadi lebih mudah.

2. Cek semua peralatan terlebih dulu

Peralatan Renang Umbul Ponggok

umbulponggok.com

Kita perlu memeriksa dan memastikan dulu semua peralatan. Apakah ada pemasangan yang kurang pas, karena kurang pasnya pemasangan alat bisa membuat anda tersedak ataupun kelilipan. Cek juga apakah ada retak atau robek pada alat yang kita gunakan. Pastikan bahwa masker kamu terasa pas dan kedap udara saat dikenakan. Apabila terdapat retak maka air air bisa merembes masuk. Lalu cek juga fin atau sepatu katak yang anda kenakan, pastikan pas di kaki dan juga lentur, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat.

3. Jangan jauh-jauh dari pemandu atau teman anda

Kolam Renang Umbul Ponggok

www.flickr.com

Sering kita kalau terlalu senang melakukan sesuatu tanpa sadar kehilangan kendali. Seperti halnya disaat menikmati indahnya Umbul Ponggok, tanpa sadar kita sering berenang jauh dariteman-teman. Karena itu tidak peduli sesenang apapun berusahalah tetap dekat dengan teman-teman anda dan tentunya juga dengan pemandu anda. Tujuannya agar kalian bisa saling mengawasi jika terjadi sesuatu, misalnya kram atau kehabisan tenaga disaat berenang, sehingga anda akan cepat mendapatkan bantuan.

Berikut video betapa menariknya tempat wisata air Umbul Ponggok Klaten:

Itulah tips aman berenang menikmati indahnya Umbul Ponggok Klaten. Manfaatkan moment anda dengan orang-orang terdekat anda. Salah satunya di sini di Umbul Ponggok Klaten. Tempat saru-satunya yang menawarkan snorkeling air tawar di Indonesia dengan air mata alami dengan yang jernih dan menyegarkan.

Leave a Reply