Umbul Ponggok Klaten Tempat Asik Snorkeling Air Tawar

Umbul Ponggok Klaten – Sekarang saya akan membahas tentang Umbul Ponggok, tempat mengasyikan yang bisa anda coba. Asal mula nama Umbul Ponggok berasal dari dua kata, yaitu “Umbul” yang berarti mata air dan “Ponggok” adalah nama desa di mana umbul itu berada.

Umbul Ponggok itu adalah mata air yang berada di sebuah Desa Ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Menurut cerita umbul itu sudah ada sejak ratusan tahun silam, dan keberadaan umbul Ponggok pada masa penjajahan Belanda berfungsi untuk pengairan perkebunan, dan di tahun-tahun terakhir ini dipergunakan juga untuk tempat wisata air.

Di Klaten, Umbul Ponggok menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat menarik untuk dicoba. Dibalik jernihnya air, anda bisa melihat keindahan ikan air tawar. Umbul ponggok Klaten menjadi salah satu tempat snorkeling air tawar terbaik di Indonesia. Saat momen-momen snorkeling di Umbul Ponggok diabadikan dalam sebuah jepretan, serasa seperti ber-snorkeling di lautan .

Bagi anak muda yang hobi snorkeling dan diving pasti sudah cukup mengenal umbul ponggok atau yang sering dijuluki sebagai “Bunaken”nya kota Klaten. Umbul Ponggok sendiri sudah sering dijadikan latihan menyelam bagi yang hobi olahraga snorkeling dan diving. Tapi bagi anda yang belum bisa berenang, tenang saja. Karena ada pemandu di sana yang mau mengajari dan membimbing anda untuk bisa berenang.

Rute jalan ke Lokasi Umbul Ponggok Klaten

Rute ke Umbul Ponggok

maps.google.com

Kalau anda ingin ke Umbul Ponggok mudah saja. Bila perjalanan dari Jogjakarta, Anda ambil ke jalan ke arah Solo, bila sudah melewati kota Klaten simak di kanan jalan ada terminal Penggung. Terminal Penggung terdapat pada simpangan Trafficlight menuju desa Ponggok, lalu ambil arah kekiri lurus terus ikuti jalan sampai bertemu markas Koramil di sebelah kiri jalan. Markas Koramil terletak di pertigaan jalan. Dari pertigaan tersebut ambil ke arah kanan, dan kembali mengikuti jalan. Nah kira-kira 2 kilometer, anda akan menemukan Umbul Ponggok yang terdapat di pinggir jalan di desa Ponggok.

Keindahan Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Wisata air

Umbul Ponggok Wisata air

Umbul Ponggok Klaten memiliki nuansa alami yang mengasyikan, dan satu-satunya tempat di mana kita bisa melakukan snorkeling di air tawar yang tidak ada duanya di Indonesia.

Air dari Umbul Ponggok ini berasal dari air mata alami yang sangat jernih dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja, saat kita berenang di kolam ini pun kita akan disambut dengan berbagai macam ikan yang cantik dan menarik.

jika dilihat dari atas, kita akan dimanjakan dengan berbagai macam ikan yang berenang di kolam Umbul Ponggok ini, yang serasa mengajak kita untuk ikut bermain dan menikmati segarnya air kolam Umbul Ponggok.

Dengan adanya ikan-ikanini menjadikan salah satu daya tarik tersendiri yang membuat banyak pengunjung ingin mengunjunginya. Hal tersebut menambah kesan tersendiri yang menurut saya membuat greget dan terbilang asyik.

Dengan ukuran Umbul Ponggokyang cukup besar dengan kedalaman air sekitar 1,5 meter hingga 2,5 meter ini kita dapat melakukan berbagai kegiatan, dari sekefdar berenang, bermain dengan ikan, snorkellingan, foto-foto di bawah air dengan ikan-ikan, maupun berfoto ria dengan wahana air seperti sepeda motor, tivi, tenda,dan lain sebagainya yang ke semua itu berada di bawah air. sehingga tidak terbayangkan bukan betapa kerennya tempat ini.

Karena itu Umbul Ponggok Klaten ini termasuk tempat wisata Klaten yang banyak peminatnya. Tak sedikit pula ada yang melakukan foto-foto prewedding di Umbul Ponggok ini, dan tentunya sesi ini dilakukan di bawah air.

Hal ini pastinya akan tampak beda dan menarik untuk dilihat. terlebihakan menimbulkan kesan dankenangan tersendiri dengan pasangan Anda.

Umbul Ponggok Klaten ini sudah dilengkapi dengankolam anak dan taman bermain anak, sehingga sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Tak hanya itu saja, tempat Umbul Ponggok juga sudah tersedia tempat makan dan ngopi barengbersama teman-teman dan keluarga Anda.

Untuk lebih jelaskan akan saya ulas juga beberapa fasilitas yang ada di Umbul Ponggok Klaten ini, yaitu:

1# Tempat duduk dan ruang ganti

Umbul Ponggok Klaten ini menyediakan banyak tempat duduk dan ruang ganti. Fasilitas seperti kursi untuk pengunjung duduk dapat kita jumpai di sekitaran bibir kolam.

selain itu juga ditempat ini juga disediakan banyak ruang ganti atau kamar mandi yang bisa kita gunakan untuk ganti pakaian maupun untuk buang air. Namun masing tempat ini dikelola oleh masyarakat sekitar, sehingga untuk mengguanaknnya wajib membayar.

2# Mushola

di Umbul Ponggok ini juga juga sudah tersedia Mushola untuk kita melakukan ibadah. Tempatnya sendiri lebih ke belakang, sehingga jauh dari karamaian. Dan pastinya untuk bisa beribadah di sini tidak dipungut biaya, namunjika Anda ingin mengamalkan sedikit rejeki Anda itu juga diperbolehkan, hehe..

3# Tempat Makan

Untuk tempat makan dapat kita temukan di sekeliling kolam. Banyak tempat yang memberiakn sajian yang berbeda, dari Nasi, Gorengan, Minuman Panas, Minuman dingin, makanan sea food, ayam goreng / bakar, dan lain sebagainya.

sehingga Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat makan, karena di dalam kawasan Umbul Ponggok itu sendiri sudah tersedia banyak pilihan yang apat kita pilih sesuai dengan selera kita.

4# Sewa Kamera

Jika Anda tidak memiliki kamera untuk melakukan foto-foto di dalam air, jangan kwatir karena di Umbul Ponggok juga banyak tersedia jasa penyewaan kamera dalam air. Sehingga Anda tidak perlu takut tidak bisa mengabadikan moment seru dan asyik kalian di tempat ini.

5# Paket Prawedding

Tempat wisata Klaten Umbul Ponggok ini juga menyajikan paket prawedding . Di mana sesi dapat dilakukan di dalam air. Pastinya dengan melakuakn foto Prawedding di Umbul Ponggok akan memunculkan kesan dan kenangan yang berbeda dan menarik. Untuk harga dan harinya Anda dapat datang ke sini untuk kesepakatannya.

Tarif masuk dan sewa peralatan renang di Umbul Ponggok Klaten

Tarif Karcis Masuk Umbul Ponggok Klaten

liburmulu.com

 

Untuk dapat memasuki wisata air yang ada di Kalten ini, yaitu Umbul Ponggok bisa dibilang cukup terjangkau. Untuk selengkapnya dapat dilihat di penjelasan berikut ini:

  • Harga tiket masuk ke Umbul Ponggok Rp 10.000
  • Paket Rp 30.000 (berlaku untuk hari Senin hingga hari Jumat, Libur Nasional tidak termasuk)
  • Paket Snorkelling Rp 13.000 (kacamata renang+selang napas dalam air)
  • Pelampung dewasa Rp 7.000
  • Pelampung anak-anak Rp 5.000
  • Kaki katak Rp 6.000
  • Kamera underwater atau dalam air Rp 60.000/ 30 menit, Rp 100.000/ satu jam
  • Kamar mandi untuk ganti Rp 1.000. untuk mandi Rp 2.000
  • Gorengan Rp 1.000 per biji
  • Minuman ± Rp 5.000

Menikmati Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Wisata air

Umbul Ponggok Wisata air

Umbul Ponggok memang memiliki pemandangan yang sangat bagus. Kita bisa melihat ikan-ikan secara langsung, seperti ikan emas, mujair, nila. bawal bahkan lele. Tapi jangan sampai lupa dengan keselamatan anda dan teman-teman anda. Dan untuk lebih lengkapnya saya akan bagikan beberapa tips aman untuk menikmati wisata air Umbul Ponggok.

1. Lengkapi perlengkapan renang anda

Umbul Ponggok

umbulponggok.com

Untuk menyelam dan snorkeling paling tidak gunakan masker selam dan snorkel, serta sepatu katak untuk memudahkan dalam berenang. Masker selam berguna agar kamu bisa melihat dengan lebih baik di bawah air. Yang kedua , snorkel. Snorkel adalah tabung berbentuk “J” yang membantu kita bernapas melalui mulut. Dan yang ketiga sepatu katak atau fin. Sepatu katak berguna agar saat berenang pergerakan kita menjadi lebih mudah.

2. Cek semua peralatan terlebih dulu

Peralatan Renang Umbul Ponggok

umbulponggok.com

Kita perlu memeriksa dan memastikan dulu semua peralatan. Apakah ada pemasangan yang kurang pas, karena kurang pasnya pemasangan alat bisa membuat anda tersedak ataupun kelilipan. Cek juga apakah ada retak atau robek pada alat yang kita gunakan. Pastikan bahwa masker kamu terasa pas dan kedap udara saat dikenakan. Apabila terdapat retak maka air air bisa merembes masuk. Lalu cek juga fin atau sepatu katak yang anda kenakan, pastikan pas di kaki dan juga lentur, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat.

3. Jangan jauh-jauh dari pemandu atau teman anda

Kolam Renang Umbul Ponggok

www.flickr.com

Sering kita kalau terlalu senang melakukan sesuatu tanpa sadar kehilangan kendali. Seperti halnya disaat menikmati indahnya Umbul Ponggok, tanpa sadar kita sering berenang jauh dariteman-teman. Karena itu tidak peduli sesenang apapun berusahalah tetap dekat dengan teman-teman anda dan tentunya juga dengan pemandu anda. Tujuannya agar kalian bisa saling mengawasi jika terjadi sesuatu, misalnya kram atau kehabisan tenaga disaat berenang, sehingga anda akan cepat mendapatkan bantuan.

Tips Memotret di Umbul Ponggok

Foto Umbul Ponggok

Foto Prewedding Umbul Ponggok

Untuk mendapatkan hasil potretan yang paling baik disarankanuntuk melakaukan pada jam 07.00-10.00 WIB  untuk hari Senin-Jum’at, dan jam 14.00 – 16.00 WIB. Di mana pada jam-jam tersebut cahaya akan lebih pas di terima kamera dan air masih sangat jernih, sehingga akan menghasilkan foto yang lebih bagus.

Jika Anda berniat ingin datang di hari weekend atau libur nasioanl, usahakan untuk datang di pagi hari. Jika tidak dapat dipastikan Anda akan kesulitan ntuk memperoleh spot foto yang bagus karena banyaknya pengunjung yang ada di Umbul Ponggok.

Berikut video betapa menariknya tempat wisata air Umbul Ponggok Klaten:

Itulah tips aman berenang menikmati indahnya Umbul Ponggok. Manfaatkan moment anda dengan orang-orang terdekat anda. Salah satunya di sini di Umbul Ponggok Klaten. Tempat satu-satunya yang menawarkan snorkeling air tawar di Indonesia dengan air mata alami yang jernih dan menyegarkan.

Pastinya tempat wisata Umbul Ponggok menarik untuk dicoba. Dengan air mata alami yang menyegarkan, dan masih banyak banyak hiburan seperti adanya ikan-ikan, dan aksesoris seperti sepeda, sepeda motor, Tv, Laptop, tenda dan lainnya yang berada di dalam air, akan membuat moment berfoto Anda akan terlihat berbeda dan menarik. Pastikan Anda mencobanya. 🙂

One Response

  1. allina December 4, 2016

Leave a Reply