Struktur Cerpen

Posted on

Struktur Cerpen - Unsur Intrinsik Cerpen

Dalam Pembuatan cerpen kita juga harus mengetahui tentang struktur atau kerangka dari sebuah cerpen. Adapun struktur cerpen itu sendiri meliputi abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.

Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan mengenai struktur cerpen berikut.

  1. Abstrak

Merupakan ringkasan dari sebuah cerita. Abstrak merupakan inti dari cerita yang kemudian dikembangkan menjadi beberapa t rangkaian kejadian. Abstrak juga bisa disebut dengan gambaran awal dalam cerita. Abstrak memiliki sifat opsional yang mana kita boleh tidak untuk menggunakan strukturyang abstrak tersebut.

  1. Orientasi

Merupakan hal-hal yang berhubungan dengan tempat, waktu, dan suasana yang terdapat dalam cerita. Biasanya orientasi tidak hnya terfokuskan pada satu tempat, waktu ataupun suasana. Karena di dalam cerita banyak terjadi peristiwa dan kejadian yang berbeda-beda.

  1. Komplikasi

Merupakan rangkaian kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwan yang berhubungan dan bercerita tentang sebab akibat kejadian sebuah cerita. Dalam struktur ini bisa ditentukan karakter atau watak dari tokoh cerita. Karakter atau watak dari tokoh bisa muncul karena sulitnya permasalahan yang mulai meningkat.

  1. Evaluasi

Struktur dari konflik-konflik yang terjadi dalam cerita yang arahnya ke titik klimaks atau puncak permasalahan dan mulai muncul gambaran penyelesaian dari konflik tersebut. Struktur ini merupakan yang sangat penting karena struktur ini menentukan menarik tidaknya cerita.

Dalam struktur ini penulis dapat memilih ingin menyajikan konflik-konflik yang diinginkan yang mampu menarik dan membuat pembaca terbawa suasana. Sehingga pembaca bisa lebih menjiwai dan menghayati karakter dan jalannya cerita.

  1. Resolusi

Merupakan penyelesaian dari evaluasi. Resolusi biasanya sangat dinanti-nantikan oelh pembaca, terlebih pembaca yang sudah penasara dengan kelanjuta bagaimana ceritanya. Pada struktur ini penulis memberikan solusi tentang masalah yang dialami oleh tokoh dalam cerrita.

  1. Koda

Merupakan pelajaran atau nilai yang bisa diambil dari cerita. Koda juga berartu suatu hikmah yang terkandung di dalam cerita. Koda biasanya dapat diketahui setelah pembaca membaca semua cerita yakni dari awal hingga akhir dari cerita. Koda berupa nasehat, amanat, pesan, atau berupa peringatan dari penulis untuk pembacanya.

Baca Ulasan Lengkapnya di Unsur-unsur Intrinsik Cerpen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *