Unsur Ekstrinsik Cerpen

Posted on

Unsur Ekstrinsik Cerpen - Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur ekstrinsik cerpen merupakan unsur yang ada di luar cerpen tersebut. Unsur ekstrinsik dari cerpen merupakan unsur yang menjadi faktor penulis membuat cerpen tersebut. Unsur ini sangat berpengaruh dalam penyajian amanat dan latar belakang dari cerpen. Unsur ekstrinsik meliputi:

  1. Latar Belakang Masyarakat

Katar belakang masyarakat merupakan alasan atau faktor yang berasal dari kondisi masyarakat yang mana penulis menjadikannya dasar bahan menulis cerpennya. Hal ini bisa berupa:

  • Ideologi Negara

Kondisi ideolgi negra atau wilayah berpengaruh pada hasil sebuah karya seperti cerpen. Setiapa negara memiliki ideologi yang berbeda dari satu dengan yang lainnya, hal ini akan lemalhirkan hasil karya sastra yang berbeda pula.

  • Kondisi politik suatu negara

Kondisi politik suatu negara atai wilayah akan berpengaruh dari hasil sebuah karya sastra yang dibuat, misalnya saja dari pergolakan kondisi dalam waktu tertentu seperti keadaan yang kritis akan turut mempengaruhi sebuah karya sastra.

  • Kondisi ekonomi suatu negara

Kondisi perekonomiansebuah negara akan berpengaruh terhadap hasil dari sebuah karya sastra seperti cerpen.

  • Kondisi sosial suatu negara

Kondisi sosial suatu negara juga sangat berpengaruh terhadap sebuah karya sastra seperti cerpen.

  1. Latar Belakang Penulis

Latar belakang penulis merupakan faktor-faktor yang terdapat pada pengarang atau penulis itu sendiri, yang mana turut mempengaruhi atau menjadi motivasi dalam memnulis sebuah karya sastra seperti cerpen.

Latar belakang penulis terdiri dari beberapa faktor, di antaranya seperti:

  • Riwayat hidup penulis

Riwayat hidup penulis berisi tentang biografi dari si penulis secara menyeluruh. Faktor ini turut mempengaruhi jalan pikiran penulis taua sudut pandangnya dari cerpen yang dibuatnya yang berdasarkan pengalaman-pengalaman mereka. Terkadang faktor ini juga turut mempengaruhi gaya bahasa atau genre khusus daru pwnulis tersebut.

  • Kondisi psikologis

Kondisi psikologis adalah kondisi berupa mood atau motivasi dari seorang penulis di saat dirinya menulis cerita. Mood atau motivasi dari seorang penulis akan mempengaruhi jalan cerita yang di bawakannya. Misalnya saja mereka sedang gembira atau sedang sedih, maka akan menghasilkan suatu cerita yang bahagia dan sedih pula.

  • Aliran sastra penulis

Aliran sastra bisa dijelaskan seperti keyakinan atau agama dari penulis tersebut. Setiap peenulis memiliki alisaran satra yang berbeda-beda. Hal ini sangat berpengaruh terhadap gaya penulisan dan genre cerita yang biasa digunakan oelh penulis dalam karya sastra yang dibuatnya.

  1. Nilai-nilai yang Terkandung dalam Cerpen

  • Nilai agama

Nilai agama merupakan hal-hal yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran yang terkandung di dalam cerpen yang ada kaitannya dengan ajaan agama.

  • Nilai sosial

Nilai sosial merupakan niali yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran di mana nilai ini bisa didapatkan dari interaksi-interaksi dati tokoh-tokoh yang terdapat pada cerpen, lingkingan dan masyarakat sekitar tokoh, dan lain sebagainya.

  • Nilai moral

Nilai moral merupakan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita dan ada kaitannya dengan etikan dan akhlak yang berjalan di masyarakat. Dalam suatu cerpen, nilai ini dapat menjadi nilai yang baik maupun buruk.

  • Nilai budaya

Nilai budaya merupakan nilai-nilai yang berkaitan dengan nilai-nilai tradisi, adat istiadat dan kebiasaan yang berlaku di masyarakat.

Baca Ulasan Lengkapnya di Unsur-unsur Intrinsik Cerpen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *