Unsur Intrinsik Cerpen

Posted on

Unsur Intrinsik Cerpen

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu jenis karya sastra yang menggambarkan cerita atau kisah tentang manusia beserta seluk beluknya melalui tulisan cerita yang pendek dan singkat.

Pengertian cerpen lainnya yaitu sebuah karangan fiktif yang memiliki isi tentang kehidupan seseorang ataupun kehidupan seseorang yangg diceritakan dengan singkat yang berfokus pasa suatu tokoh saja atau satu jalan cerita.

Cerpen atau cerita pendek memiliki kata yang tidak lebih dari 10.000 kata atau tidak lebih dari 10 halaman. Selain itu, cerpen atau cerita pendek hanya mengandung sebuah kesan tungga yang demikian serta fokus dan memusatkan diri pada salah satu tokoh dan pada satu situasi saja.

Pengertian cerpen menurut para ahli

Menurut beberapa ahli mengemukakan pendapat mereka tentang pengertian cerpen atau cerita pendek.  Berikut penjelasannya:

1. Sumardjo dan Saini

Cerpen merupakan cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi, akan tetapi bisa saja kejadian tersebut terjadi kapan pun serta dimana pun yang mana ceritanya relatif singkat dan pendek.

2. KBBI

Cerpen berasal dari dua kata yaitu verita dan pendek, cerita yang mengandung arti tuturan mengenai bagaimana sesuatu hal terjadidan relatif, pendek berarti kisah yang diceritakan pendek atau tidak lebih dari 10.000 kata yang mengandung sebuah kesan dominan serta memfokuskan hanya pada satu tokoh saja dalam cerita pendek tersebut.

3. A. Bakar Hamid

Cerita pendek harus dilihat dari kuantitasnya, yakni banyaknya perkataan yang digunakan, antara 500 – 20.000 kata, di dalmnya hanya ada satu plot, adanya satu watak, dan adanya satu kesan.

4. Nugroho Notosusanto dalam Tarigan, 1993:176

Cerpen merupakan sebuah cerita yang panjang ceritanya berkisar antara 5.000 kata atauperkiraan hanya 17 hlm quarto spasi rangkap serta terpusat pada dirinya sendiri.

5. Hendy

Cerpen merupakan suatu karangan yang berkisah pendek yang mengandung kisah tunggal.

6. Aoh K.H

Cerpen merupakan salah satu karangan fiksi yang biasa yang juga dengan kisahan prosa pendek.

7. S. Badudu

Cerpen merupakan cerita yang hanya menjurus serta terfokus pada satu kejadian atau peristiwa saja.

8. H.H. Jassin

Cerpen merupakan sebuah cerita yang singkat yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan pertikaian, serta penyelesaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *