Unsur Ekstrinsik Novel

Posted on

Unsur Ekstrinsik Novel

unsur ekstrinsik novel merupakan unsur pembangun novel yang barasal dari luar. Jadi unsur ekstrinsik ini tidak dapat kita temukan di dalam novel tersebut. Unsur ekstrinsik novel ini meski tidak ada di dalam novel, namun sangat berpengaruh terhadap hasil sebuah karya sastra.

Berikut ini adalah beberapa unsur ekstrinsik novel:

1. Unsur Biografi

Unsur biografi merupakan unsur tentang latar belakang penulis, diantaranya seperti tempat tinggal penulis, keluarganya, latar belakang pendidikannya, lingkungannya, dan lain sebagainya.

Latar belakang cukup berpengaruh dalam penulisan puisi, misalnya saja penulis yang latar belakangnya dari keluarga miskin, maka ia akan dapat membuat puisi yang sangat menyentuh hati orang yang membacanya.

2. Unsur Sosial

Unsur sosial sangat erat hubungannya dengan kondisi masyarakat ketika puisi dibuat. Misalnya saja puisi tersebut dibuat ketika masa orde baru. Pada waktu itu kondisi masyarakat sedang dalam keadaan kacau dan keadaan pemerintahan pun acak-acakan, sehingga puisi yang dibuat pada waktu itu adalah puisi yang berisi sindiran-sindiran terhadap masyarakat.

3. Unsur Nilai

Unsur nilai dalam puisi berkaitan dengan pendidikan, ekonomi, politik, sosial, budaya, adat-istiadat, hukum, seni, dan lain sebagainya. Nilai yang ada dalam puisi menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca, dan juga cukup mempengaruhi baik tidaknya puisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *