Perlu Diketahui Bagi Kaum Wanita! Inilah Perbedaan Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak

Posted on

Siklus menstruasi merupakan rangkaian perubahan yang terjadi pada tubuh wanita, lebih tepatnya pada bagian organ reproduksi yang terjadi pada setiap bulannya. Menstruasi adalah kejadian keluarnya darah dari rahim karena akibat dari pelepasan selaput lendir rahim.

Pada setiap bulannya, ovarium akan melepaskan sel telur, proses ini biasa disebut dengan ovulasi. Di saat yang sama, terjadi perubahan hormonal yang berguna untuk mempersiapkan rahim untuk kehamilan. Apabila terjadi ovulasi dan sel telur tidak dibuahi, maka lapisan rahim akan dikeluarkan, dan proses inilah yang disebut sebagai menstruasi.

Selain digunakan untuk merencanakan kehamilan, mengetahui siklus menstruasi ini penting untuk dilakukan oleh wanita yang telah masuk masa pubertas. Tujuannya agar dapat mengetahui apakah siklus menstruasi mereka apakah normal atau tidak.

Siklus menstruasi yang tidak normal, kadang kala disebabkan karena masalah kesehatan. Untuk mencegah yang tidak diinginkan, ada baiknya setiap wanita mengetahui tanda-tanda siklus menstruasi atau haid yang normal atau tidak.

Berikut merupakan siklus haid yang normal dan yang tidak normal, antara lain:

Siklus Haid Yang Normal

Siklus menstruasi atau haid mulai dihitung dari hari pertama terjadi menstruasi hingga hari pertama terjadi menstruasi berikutnya. Siklus ini berbeda-beda pada setiap wanita. Pada umumnya, menstruasi terjadi setiap 21 hari sampai 35 hari, dan berlangsung selama 3 hingga 7 hari.

Untuk tahun-tahun pertama awal wanita mulai mengalami menstruasi, mungkin prosesnya akan berlangsung cukup panjang. Siklus menstruasi cenderung akan berlangsung memendek dan teratur seiring dengan bertambahnya usia.

Siklus haid atau menstruasi yang teratur dapat diketahui dengan melihat apakah durasi yang terjadi sama di setiap bulannya. Saat terjadi haid atau menstruasi, bisanya dapat menimbulkan rasa nyeri, terkadang rasa nyeri yang terjadi adalah nyeri ringan, nyeri berat, atau bahkan tanpa rasa sakit.

Semua itu masih terbilang cukup normal jika waktu menstruasi terjadi dengan teratur setiap bulannya, yaitu pada siklus 21 hingga 35 hari. Namun, ketika wanita memasuki usia 45 tahun lebih, masa Menopause mungkin akan terjadi, wanita akan mengalami siklus yang tidak teratur hingga tidak mengalami menstruasi lagi, yang menandakan mulai berakhirnya siklus menstruasi secara alami.

Waspada Terhadap Siklus Haid atau Menstruasi yang Tidak Normal

siklus menstruasi

Beberapa wanita kebanyakan akan mengalami proses menstruasi yang berlangsung selama empat sampai tujuh hari. Wanita mengalami menstruasi biasanya di setiap 28 hari, dengan siklus normal yang bisa terjadi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari.

Siklus menstruasi yang tidak normal biasanya memiliki tanda-tanda sebagai berikut:

  • Periode terjadinya siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau bahkan lebih dari 35 hari
  • Berturut-turut melewatkan tiga atau lebih siklus menstruasi
  • Aliran menstruasi lebih ringan atau lebih deras dari biasanya
  • Masa menstruasi yang terjadi lebih dari 7 hari
  • Saat menstruasi terjadi rasa nyeri, mual, kram, atau bahkan muntah
  • Terjadi pendarahan di luar masa siklus menstruasi, yang dapat terjadi setelah berhubungan intim atau setelah masa menopause.

Siklus haid yang tidak normal seperti yang dijelaskan di atas, dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sekarang Anda bisa melakukannya dengan cepat dan mudah, konsultasi dengan dokter secara mudah dan aman dapat dilakukan dengan aplikasi Halodoc. Konsultasi dengan ratusan dokter terpercaya yang siap membantu Anda.

Di aplikasi Halodoc sudah dilengkapi banyak fitur yang dapat membantu Anda, dari berkonsultasi dengan dokter masalah kesehatan, beli obat dengan resep dokter maupun tanpa resep dokter, buat janji dengan Rumah sakit tanpa antri, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.