Harga Sarang Walet Terbaru Sekarang Ini

Posted on

Tingkatan harga sarang walet dari tiap-tiap jenis. Terdapat beberapa jenis sarang walet yang masing-masing mempunyai tingkatan harga yang berbeda-beda. Dari kebanyakan sarang walet yang biasanya diperjualbelikan mempunyai harga yang beraneka ragam tergantung jenisnya. Misalnya saja sarang putih, sarang merah, sarang hitam, sarang lumut, dan lainnya.

1. Walet Sarang merah

Harga sarang walet merah
Harga sarang walet merah

Sarang walet yang berwarna merah memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sarang walet lebih lainnya. Sarang walet merah hanya ada di saat tertentu saja, yaitu pada saat musim penghujan di tempat yang kelembaban udaranya sangat tinggi.

Sarang walet merah memiliki kandungan yang lebih kompleks dari jenis sarang walet yang lainnya. Karena itu banyak orang dari seluruh dunia menginginkan sarang merah meski harganya tinggi. Harga sarang merah berkisar antara Rp. 8.000.000, hingga puluhan juta rupiah.

2. Walet Sarang Putih

Walet Sarang Putih
Walet Sarang Putih

Sarang walet putih adalah Sarang walet yang seluruhnya tersusun dari air liur walet (saliva), walaupun sering ada sedikit campuran seperti bulu-bulu halus dari walet. sarang walet ini berwarna putih sehingga sering juga disebut dengan nama edible-nest swiftlet, Yen-yu.

Harga sarang walet dengan warna putih yang diperoleh dari gua alam berkisar sekitar Rp. 5.000.000 hingga Rp. 8.000.000, sedangkan sarang walet putih yang didapat dari gedung atau sarang walet rumahan berharga lebih tinggi, yaitu berkisar sekitar Rp. 10.000.000, sampai Rp. 17.000.000, harga bahkan dulunya pernah bisa lebih tinggi lagi.

3. Walet Sarang Hitam

Walet Sarang Hitam
Walet Sarang Hitam

Untuk sarang walet yang berwarna hitam dibuat dari campuran air liur yang tercampur dengan bulu-bulunya. Campuran bulu-bulunya sering kali lebih banyak dan merata, karena itu memberi kesan sarang tersebut berubah jadi berwarna hitam yang disebut dengan Black-nest swiflet.

Harga Sarang walet yang memiliki warna hitam berkisar sekitar Rp. 1.000.000, sampai Rp. 4.000.000, per kilogramnya. Rendahnya harga sarang walet yang berwarna hitam ini dipengaruhi oleh kandungan air liur walet di dalam sarang itu hanya sekitar antara 50 – 60% saja.

4. Walet Sarang Rumput

Walet Sarang Rumput
Walet Sarang Rumput

Sarang walet ini biasanya tersusu dari campuran air liur walet dengan rumput maupun material lainnya. Walet sarang rumput berada pada lokasi yang sayup-sayup atau dengan tingkat terangnya rendah dan biasanya tidak bertempat di tempat yang terlalu gelap. Sarang walet ini disusun memakai campuran air liur dan material lain seperti daun cemara, daun pinus, rumput kering, bunga, maupun bahan lainnya.

Sarang walet jenis ini mempunyai harga berkisar kira-kira Rp. 750.000 sampai Rp. 1.500.000 per kilogramnya. Ini dikarenakan setiap sarang walet ini hanya mempunyai kandungan air liur seberat 3 – 5 gram saja.

5. Walet Sarang Lumut

Walet Sarang Lumut
Walet Sarang Lumut

Sarang walet lumut apabila masih belum lama dan normal keadaannya akan memiliki warna hijau, jika sarang sudah cukup lama maka akan berubah warnanya menjadi cokelat kehitaman dan kering. Sarang walet lumut yang tidak baru lagi akan memiliki kualitas dan harga yang terendah sebab pemisahannya akan lebih sulit sebab telah bersatu dengan bahan lumut.

Harga sarang walet lumut ini mempunyai harga yang lebih rendah, yaitu berkisar sekitar Rp 100.000 sampai Rp. 200.000 per kilogramnya. Harga yang rendah dari sarang walet lumut ini karena sarang hanya memiliki kandungan liur sejumlah 2 sampai 3 gram saja.

Meski harga sarang burung walet terbilang cukup tinggi, namun karena manfaat dan khasiat dari sarang walet tersebut cukup tinggi, menjadikan sarang walet tetap menjadi barang yang terus diburu. banyak orang yang sudah mengakui manfaat dari sarang walet ini, di antaranya ada yang sembuh dari penyakit kronis seperti kanker yaang berhasil disembuhkan dari mengkonsumsi sarang walet.

Jika Anda tertarik dan sedang mencari sarang walet, Anda dapat mengunjungi Distributor Sarang Walet (DSW) yang melayani jual beli sarang walet kotor maupun bersih yang siap konsumsi. Anda dapat menghubungi kontak berikut:

Demikian ulasan mengenai harga sarang dari burung walet ini, semoga dapat memberikan manfaat dan berguna untuk kita semua.

4 thoughts on “Harga Sarang Walet Terbaru Sekarang Ini

  1. mo nanya mas ….
    Ada tdk pembelinya sarang walet… soalnya produksinya banyak di tempat teman sy dan belum ada pasar yg jelas.. lagian tdk ada info siapa yg mo membeli..
    klo ada yg mo membeli… bisa kirim penawaran harga… ke email dibawah ini, nanti dikirimkan gambar contoh yg ada pd kami.,…
    makasih sebelumnya…
    [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *