Cara Membuat Cupcake yang Enak dan Menarik

Cupcake merupakan salah satu dari macam-macam kue basah yang dapat diklasifikasikan sebagai kue jenis bolu, akan tetapi bentuknya tidak sama. Jika bolu berukuran besar kemudian dipotong menjadi beberapa bagian, tapi kue cupcake sendiri mempunyai cetakan khusus yang dari nama kue itu sendiri kita bisa membayangkan bahwa cetakan tersebut adalah berupa cup.

Karena itu orang-orang juga sering menamakan kue tersebut dengan cupcake ataupun bisa disebut Muffin Tins. Kue ini asalnya dari Belanda dan di negara tersebut kue cupcake ini adalah salah satu kue yang dijadikan cemilan yang selalu disediakan untuk menemani waktu minum kopi.

Cupcake merupakan salah satu kue yang gemar dicari, ini bukan hanya dikarenakan oleh rasanya yang enak dan nikmat, banyaknya bentuk, tampilan, dan varian ataupun hiasan dari kue cupcake itu sendiri menjadikan kelebihan dan merupakan salah satu daya tarik bagi yang melihatnya.

Sekarang ini ada banyak macam-macam resep cupcake seperti salah satunya adalah resep cupcake polos . Resep cupcake jenis ini misalnya resep cupcake vanila, resep cupcake coklat, dan resep cupcake keju.

Dan untuk resep cupcake clasik biasanya dikembangkan dengan berbagai macam varian seperti resep cupcake oreo, resep cupcake red velvet, resep cupcake hias dengan cream, ataupun resep cupcake aneka bentuk dengan fondant. Dan resep cupcake pun cara memasaknya dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu cupcake yang dimasak dengan dioven dan juga cupcake yang dimasak dengan dikukus.

Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi resep cupcake yang cara memasaknya dengan dioven, berikut cara membuat cupcake coklat:

Bahan-bahan untuk membuat cupcake coklat hias dan lucu :

  1. 150 gram dark cooking coklat yang sudah diserut ataupun dipotong kecil-kecil
  2. 100 gram gula halus
  3. 120 ml susu cair (coklat atau putih)
  4. 130 gram mentega
  5. 30 gram coklat bubuk
  6. 130 gram tepung terigu yang berprotein sedang
  7. ½ sendok teh garam halus
  8. 3 butir telur yang sudah dipisahkan antara kuning telur dan putih telur

Cara membuat cupcake coklat hias dan lucu

Resep Membuat Cupcake yang mudah dan enak

Resep Membuat Cupcake

  1. Pertama-tama adalah membuat cakenya, siapkan dan campurkan coklat bubuk dan susu cair kemudian dipanaskan sambil diaduk-aduk supaya tidak menggumpal sampai dirasa cukup kemudiamkan padamkan apinya.
  2. Langkah selanjutnya yaitu masukkan sebagian mentega dan gula halus kemudian aduk sampai tercampur rata. Lalu tambahkan kuning telur dan aduk sampai tercampur rata.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu dengan perlahan-lahan sambil adonannya diaduk sampai tercampur rata. Lalu kemudian sisihkan.
  4. Siapkan wadah lagi, masukkan putih telur dan kocok dengan ditambahkan garam sampai hampir mengembang. Tambahkan juga sisa gula halus yang masih ada sedikit demi sedikit sampai habisatau dikira cukup. Lalu kocok lagi sampai mengembang dengan sempurna.
  5. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan yang telah mengembang sempurna sambil diaduk-aduk dengan perlahan-lahan.
  6. Masukkan adonan yang tercampur rata dan mengembang tadi ke dalam cetakan cupcake yang sudah diberi alas cup kertas.
  7. Kemudian oven adonan kurang lebih selama 25 menit hingga 30 menit pada suhu sekitar 180 derajat celcius sampai matang.
  8. Setelah kue cupcakenya matang, keluarkan dari oven dan tunggu sampai dingin. Dan cupcake pun siap untuk dihidangkan.

Agar terlihat lucu dan terlihat lebih menarik kita dapat juga memberi kue cupcake coklat tersebut hiasan tambahan. Bisa menggunakan buah-buahan segar, butter cream, ataupun fondant yang telah siap saji yang banyak tersedia di pasaran.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai bagaimana cara membuat cupcake coklat dengan cara sederhana. Ada banyak sekali macam varian hiasan yang dapat digunakan untuk  mempercantik tampilan cupcake seperti misalkan permen coklat atau permen warna-warni lainnya, coklat serut atau icing, dan juga bisa juga mengguanakan serutan keju.

Demikian lah artikel dari kami semoga yang disampaikan ini berguna dan bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

%d bloggers like this: